Kamu takut untuk berbicara, minder disaat berhadapan dengan orang lain dan mudah kehilangan cara Kamu untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain ?

Apakah rasa malu Kamu merupakan kekurangan yang nyata dalam kehidupan Kamu sehari-hari? Cobalah mengikuti beberapa tips sederhana ini untuk membantu kamu mengatasinya.

Ketika Kamu berbicara, memulai percakapan, lulus ujian lisan, Kamu cenderung minder, irama jantung kamu cepat, rasa serak di tenggorokan akan menghalangi Kamu untuk berbicara, kaki Kamu menjadi gemetar …Kamu dapat memperbaiki situasi seperti ini.

Menjadi pemalu memang sudah kodrat manusia dan hal ini tidak dapat dihindari!Rasa malu biasanya berakar pada masa kanak-kanak, setelah peristiwa emosional rapuh.

Takut gagal, takut salah menilai, takut mengecewakan … Seorang pemalu sering membawa cahaya negatif yang meragukan kemampuan mereka untuk berhasil dan sering merasa bahwa orang lain lebih baik dari mereka sendiri.

9 TIPS UNTUK BELAJAR MENGATASI RASA MALU:

1. Jangan malu dari rasa malu Kamu. Terimalah diri Kamu apa adanya dan anggap hal itu wajar! Kurang dari Kamu berpikir, semakin banyak kesempatan berbenah, semakin terbuka lebar keberhasilan.

2. Jangan takut akan pendapat orang lain.
Belajar untuk menerima kritik ketika ada seseorang memberikan respon terhadap diri kamu dan membiarkan komentar yg mungkin kurang menyenangkan bagi Kamu. Tapi justru itulah tantangannya, kamu jadi tahu apa2 yg jadi kelemahan kamu sekarang..

3. Bicara tentang rasa malu dengan keluarga Kamu.
Jelaskan kepada orang lain apa yang Kamu rasakan, Kamu dapat mengidentifikasi hal2 apa saja yang membuat Kamu tertekan, situasi apa yang kamu hadapi, apa yang orang respon terhadap diri kamu…

4. Berlatih olahraga dapat membantu Kamu meminimalisir rasa malu Kamu berkat hubungan sosial yg timbul akibat sering berkumpul dg kawan2.

5. Berperan seperti layaknya teater/pertunjukan untuk belajar bagaimana berbicara kepada orang lain tanpa rasa malu.

6. Belajarlah untuk berkata. Berani mengatakan tidak.
Seringkali kita menerima begitu saja sesuatu yg sebenarnya ridak sreg dengan pilihan hati kita sendiri dikarnakan takut/malu untuk menolaknya… Maka, mulailah dari sekarang… !!

7. Belajar untuk bernapas dengan tenang.
Sebelum ujian atau wawancara kerja misalnya, tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan kemudian keluarkan perlahan-lahan untuk mengevakuasi stres dan ketakutan akan hilangnya kesempatan.

8. Berpikir positif.

Jangan berpikir terlalu sempit, ”wah, otak saya tidak encer2 amat.. Mana bisa berhasil”. fikiran semacam itu merupakan salah satu gambarannya. Intinya, kamu lupa bahwa suatu keberhasilan ditentukan oleh segelintir kecerdasan, tetapi juga seabrek kesempatan. Yakinlah, bahwa Kamu tidak bernilai lebih rendah daripada yang lain, Kamu cukup mampu mencapai target yg diinginkan.

9. Bergaul dengan Orang yg Berkompeten Dibidangnya.
Jika rasa malu Kamu merusak hidup Kamu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog. Dia akan mencarikan jalan terbaik buat Kamu, menemukan kata-kata dan cara-cara untuk membantu Kamu menyetir rasa malu Kamu.